Minggu, 08 Mei 2011

Selamat Ulang Tahun Bulaksumur!

Komunitas memang tidak menghasilkan uang, tapi memberikan peluang. Sebuah kalimat yang pernah di tweet oleh teman saya beberapa waktu lalu. Saya 100% setuju dengan kalimat itu. Sejak SMP dan SMA saya sudah ikut komunitas di sekolah atau disebut ekskul. Di universitas juga saya ga mau cuma jadi kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang) aja, jadi ya saya ikutan komunitas, di lingkungan kampus juga di luar kampus.

Sebenarnya banyak pengorbanan yang saya keluarkan demi komunitas yang saya ikuti. Dari mulai waktu, tenaga, juga pikiran. Bukannya dapet uang, ga jarang saya justru malah ngeluarin uang. Tapi entah kenapa, kalo kita sudah merasa memiliki, berapapun uangnya, sebesar apapun pengorbanannya, ga ada sedikit pun rasa rugi di hati. Justru rasa senang lah yang tercipta seperti telah membantu keluarga.

Menurut saya pribadi, mengikuti sebuah komunitas membawa banyak sekali manfaat. Salah satunya peluang. Seperti yang di tweet teman saya diatas, komunitas telah memberikan saya peluang untuk belajar tentang banyak hal. Selain ilmu sesuai dengan basis komunitas itu (di PMR saya dapet ilmu tentang Pertolongan Pertama, di Kine saya dapet ilmu tentang film, di PPC saya dapet ilmu tentang fotografi, di Bulaksumur saya belajar tentang jurnalistik), saya juga belajar tentang kehidupan. Saya belajar tentang menghargai pendapat orang, menahan emosi, bekerja sama, dan tentu saja belajar menjadi dewasa.

Tapi seharusnya ga cuma dapetin sesuatu aja dari komunitas trus kita pergi begitu aja. Kita juga harus memberikan sesuatu untuk komunitas itu. Seperti kata senior saya, jangan tanyakan apa yang telah organisasi berikan buat kamu, tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan buat organisasi. Jadi jangan ragu mengeluarkan uang untuk sebuah peluang, hehe.

Dan hari ini, tepat tanggal 8 Mei 2011, saya mau ngucapin Selamat Ulang Tahun ke-11 untuk satu komunitas yang saya ikuti bernama SKM (Surat Kabar Mahasiswa) UGM Bulaksumur. Semoga makin jaya selama-lamanya! :D

logo kebanggaan

prosesi ulang tahun (diambil dari blog mas aldi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar