Selasa, 23 Juni 2015

Perasaan atau Penasaran?

source
“Mbak Nila inget sama Doni?” tanya ibuku tiba-tiba saat kami sedang menyiapkan makanan berbuka puasa di dapur.

“Doni anak RT 8 yang temen SD aku dulu, Bu?” balasku.

“Iya, Doni yang adeknya juga temen TK adekmu itu lho.” jawab Ibu.

“Kenapa, Bu?” tanyaku semangat dan tak sabar.

“Minggu lalu Ibunya meninggal, katanya sih Serangan Jantung. Tiba-tiba gitu meninggalnya. Kemaren Ibu nggak sengaja ketemu Bu Ahmad pas beli es kelapa buat buka, terus dia curhat masalah suaminya yang lagi sakit Diabetes eh terus jadi merembet ke cerita Ibunya Doni meninggal. Kasian deh padahal kan umur Ibunya Doni paling juga baru seumur Ibu, nggak tua-tua banget,” ujar Ibuku yang selalu semangat kalau bercerita tentang apapun.

Doni Saputra. Aku bahkan sudah nyaris melupakan nama itu dari pikiranku. Tapi omongan Ibu barusan membangkitkan kenanganku tentang Doni, teman SD-ku yang juga tetangga satu komplekku sebelum aku pindah ke komplek yang sekarang. Doni adalah idola di SD-ku dulu, selain karena wajahnya yang tampan, dia juga lucu dan punya banyak teman dari berbagai kalangan. Ditambah lagi, Doni adalah kiper sepak bola andalan di SD dan di komplek.

Doni Saputra. Anak laki-laki yang suka padaku sejak kelas 5 SD, setidaknya itu yang teman-teman bilang padaku. Anak laki-laki yang beberapa kali menuliskan surat untukku dan aku baca sambil tersenyum malu bersama teman-teman satu geng dulu. Anak laki-laki yang kalau pulang sekolah selalu berjalan di belakangku sambil mengikutiku, hingga memastikan aku membuka pagar rumah lalu ia pergi dan berbalik arah menuju rumahnya. Anak laki-laki yang selalu ingin aku ajak bercerita apa saja namun jika di dia mengajakku bicara aku hanya bisa diam, tersenyum, dan kemudian berlalu.

Doni Saputra. Dia yang membuatku sedih karena selepas SD, kita tidak pernah lagi berada di sekolah yang sama. Dia yang membuatku senang ketika akhirnya saat SMA, aku bertemu dia lagi saat SMA-ku mengadakan kejuaraan sepak bola dan SMA-nya menjadi salah satu peserta. Dia yang membuatku kecewa karena sejak acara itu kami akhirnya bisa mengobrol selama beberapa saat dan menjadi dekat namun kemudian dia menjauh karena tahu saat itu aku sudah memiliki pacar.

Doni Saputra. Bulan Ramadhan. Dua hal itu adalah kombinasi sempurna untuk membangkitkan kenangan, karena selepas SD harapanku bertemu dengan Doni adalah saat Ramadhan, lebih tepatnya saat Sholat Tarawih. Bahkan tak jarang, alasanku untuk Sholat Tarawih di masjid komplek bukan hanya untuk beribadah, tapi juga untuk melihat Doni sholat di masjid yang sama. Pun ketika Sholat Ied, doaku selama beberapa tahun adalah semoga di lebaran tahun ini aku bisa bertemu Doni dan melihat senyumnya. Tentu saja itu aku lakukan lima tahun lalu, sebelum aku pindah ke komplek ini dan kehilangan kabar tentang Doni.

“Mbak Nila? Kok diem aja? Dengerin Ibu cerita nggak sih?” Ibu menepuk pundakku dan membuat lamunanku tentang Doni buyar.

“Hah? Denger kok, Bu. Coba deh nanti Nila whatsapp Andi. Dia kan dari dulu deket sama Doni, mungkin dia tau.” jawabku segera.

“Yaudah itu kolaknya diaduk dulu. Jangan lupa tehnya dibikin, udah hampir buka nih.”

“Iyaaaa, Buuuu.”

---

Malamnya aku bertanya pada Andi tentang kabar Doni. Dia sama sekali tidak tahu tentang Ibunya Doni yang sudah meninggal. Sama denganku, Andi sudah lost contact dengan Doni sejak lulus SMA, kami kehilangan nomer ponselnya, kami tak tahu dia kuliah atau kerja dimana, kami juga tidak ada yang tahu akun media sosialnya.

Kalau sudah begini tinggal penyesalan yang datang. Aku menyesal kenapa dulu tidak kuterima saja cinta monyetnya saat SD. Aku menyesal kenapa dulu tidak kujawab saja sapaannya ketika kami berpapasan. Aku menyesal kenapa saat SMA tidak kuputuskan saja pacarku lalu menjadi lebih dekat dengan dia. Kalau begitu ‘kan mungkin saat ini aku tidak kehilangan kabar tentang Doni.


Tapi aku juga tidak begitu yakin, ketika aku akhirnya bertemu lagi dengan Doni, apakah perasaan itu masih ada? Atau aku sangat ingin bertemu Doni hanya karena penasaran untuk bisa dekat dengannya? Ah mungkin memang benar apa yang orang-orang bilang, cinta yang tak tersampaikan memang selalu membuat penasaran...



#NulisJuga #4

Senin, 22 Juni 2015

Selamat Ulang Tahun #JKT488!

source
Sebenernya saya lupa kalo hari ini ulang tahun Jakarta. Karena saya udah jarang buka timeline Twitter atau portal berita yang bikin saya jadi Miss Update kaya dulu, hahaha. Tapi karena kebiasaan saya yang selalu denger radio tiap pagi, tadi saya jadi orang pertama di kantor yang inget kalo hari ini ulang tahun Jakarta. Ya bagi saya itu prestasi sih, karena di kantor, saya selalu jadi orang yang kudet (kurang update) kalo masalah obrolan tentang artis Hollywood atau film-film bioskop terbaru hahaha. Iya saya emang spesialisasinya cuma di berita dan gosip dalam negeri, huft.

Ngomongin Jakarta, saya selalu inget obrolan saya sama geng saya jaman kuliah, sebut saja nama gengnya Binal (tapi kita Binal-nya cuma nama sih, prakteknya mah nol muahahaha). Diantara delapan dari kita, cuma saya sama Amel aja yang pengen kerja di Jakarta, yang lainnya mah kalo bisa nggak kerja di Jakarta. Alasannya karena saya dan Amel mau jadi sosialita ibukota hahaha. Ya walaupun pada kenyataannya, Sarah sama Pipit yang bilang nggak pengen kerja di Jakarta malah dapet kerja disini dan Amel yang pengen kerja di Jakarta malah stay kerja di Jogja. Kalo saya? Ya akhirnya cita-cita kerja di Jakarta tercapai sih, tapi yang jadi sosialita ibukota-nya belom kesampean :))))))

Tapi itu dulu. Dulu banget pas saya kuliah awal. Dulu banget pas saya belom ngerasain ninggalin Jogja setelah lima tahun kuliah dan kerja disana itu rasa sakitnya kaya diputusin pas lagi sayang-sayangnya. Bahkan pas saya keterima kerja di kantor saya sekarang di Jakarta, hal yang bikin saya hampir aja mau ngelepas kerjaan ini ya karena nggak sanggup buat ninggalin Jogja, for good. Hahaha kadang ya saya suka mikir, harusnya kalo kita punya keinginan dan udah nggak pengen lagi, kita harus bilang ke Tuhan kalo udah nggak pengen itu lagi. Contohnya ya kaya kerja di Jakarta ini. Dulu saya pengen banget kerja Jakarta, eh Tuhan Yang Maha Baik mengabulkan keinginan saya walaupun pas saya udah nggak begitu pengen lagi, hehehe.

Jakarta bikin saya yang waktu di Jogja nggak pernah bisa diem ikut acara dan komunitas macem-macem jadi kuper, karena saya jadi males kemana-mana dengan alasan jauh dan macet. Ya walaupun kadang saya masih ikutan acara Akademi Berbagi atau acara Alumni VDMS. Jakarta bikin saya yang waktu di Jogja lebih suka kemana-mana sendiri jadi manja, yang akhirnya bikin saya kalo kemana-mana bisanya cuma nebeng motornya Bayu. Ya walaupun kadang saya juga naik bis atau kereta kalo mau main. Jakarta bikin saya yang waktu di Jogja orangnya fleksibel dan Yes Man (diajak kemana aja mau) jadi monoton banget kegiatan sehari-harinya. Ya walaupun kadang saya juga masih mureh diajak main iya iya aja.

Tapiiii terlepas dari semua kejelekan Jakarta, kota ini udah ngasih saya kerjaan. Karena Jakarta bikin saya bisa belanjain ibu dan jajanin adek-adek setiap bulannya. Karena Jakarta yang walaupun kata orang kejam masih bikin saya mengantungkan cita-cita buat jadi orang kaya, hahaha. Karena Jakarta bikin saya percaya kalo Tuhan itu bukan ngasih apa yang kita mau, tapi apa yang kita butuhin, hehehe.

Selamat ulang tahun yang ke-488, ibukota Jakarta! Semoga segera bisa jadi ibu yang bikin anak-anaknya merasa nyaman ada disana.





#NulisJuga #3

Kemping Ceria di Gunung Papandayan

Selalu ada yang istimewa di tiap momen pertama. Pertama kali naik pesawat, pertama kali ikutan jadi kru teater, pertama kali sidang pendadaran (pertama dan terakhir sih kalo ini haha), dan pertama kali naik gunung! Hahahaha.
Banyak sih yang ‘ngece’, “Pacarmu kan anak gunung masa kamu belom pernah naik gunung?” Hahaha sebenernya udah pengen naik gunung dari jaman kuliah sih. Bahkan sempet punya semacam janji sebelum pindah dari Jogja harus udah pernah naik gunung. Tapi ya gitu, saya ini kan terkenal banget anak LMC (Last Minute Cancel, hiks), jadi mau direncanain gimana juga tetep nggak pernah kesampean.

Dan akhirnyaaaa obrolan iseng sama Bayu (ceritanya pacar saya) yang bilang dia mau naik gunung sama temen-temennya menggugah saya (halah opo tho Nis bahasanya) untuk bilang, “Aku mau ikutttttt!” hahaha. Jadilah saya dan Bayu dan temen-temennya (Ade, Rizal, Binar, Mufid, Suwasno) naik Gunung Papandayan 29-30 Mei kemaren, modal pinjem barang-barang naik gunung sama Indah yang temennya Bayu juga tapi nggak ikutan naik hahaha.

Kata Bayu sih itu gunung pendek, naiknya nggak jauh beda sama naik Gunung Nglanggeran. Tapi kenyataannyaaaaaa, jalan sedikit aja udah ngos-ngosan. Hahahahaha dasar Annisak mau naik gunung nggak pake persiapan olahraga dulu ya jadinya gitu, jalan nggak sampe setengah jam udah bolak balik ngos-ngosan. Oke cukup prolog yang panjangnya hahaha.

Harusnya saya sama Bayu berangkat bareng Ade, Mufid, sama Suwasno Jumat jam 9 malem dari Pasar Jumat. Terus Rizal sama Binar berangkat dari Binar. Nanti kita ketemunya di Terminal Garut sebelum Subuh. Tapi yaaa karena kerjaan saya yang nggak bisa diprediksi kapan lembur dan kapan pulang cepetnya (huft!), akhirnya saya sama Bayu baru berangkat dari Kebon Jeruk jam 9 malem naik asal bis yang ke arah Kampung Rambutan. Kita sampe Kampung Rambutan jam 11 terus kita naik bis yang ke arah Garut. Dan ternyata udah banyak banget loh pendaki yang mau naik Gunung Papandayan (dan sekitarnya) di Kampung Rambutan hahaha.

Jam 4 pagi saya sama Bayu sampe Terminal Garut dan ketemu sama anak-anak lain yang udah lebih dulu nyampe. Dari Terminal Garut kita nyarter angkot isi 15 orang sampe Cisurupan. Terus nyambung lagi naik pick up buat sampe ke Camp David atau Pos 1. Total perjalanan dari Terminal Garut sampe Camp David dua jam (satu jam naik angkot plus satu jam naik pick up) ditambah satu jam buat sholat Subuh dan nunggu pick up di Cisurupan.

Cisurupan
Sekitar jam 7 kita sampe Camp David. Disana kita sarapan sambil leha-leha sebelum naik Gunung Papandayan. Jam 8 kita naik ke atas dan sekitar jam 11 kita udah sampe ke Pondok Saladah, tempat kita nge-camp. Selama tiga jam perjalanan, ada tiga jalur berbeda yang kita lewatin. Pertama jalur batu-batu karena di awal kita naik kita langsung ketemu sama Kawah Papandayan yang bau belerengnya menyengat banget. Jalur kedua jalanan panjang lurus yang kanannya jurang dan kirinya tebing. Terus jalur ketiga ini yang paling susah karena jalannya sempit dikelilingin hutan dan naik turun bikin kaki sakit, hahahaha.

Camp David. Yang kiri warung tempat sarapan, yang tengah Gunung Papandayan, yang kanan mas-mas lagi duduk.
Saya dan Binar di Kawah Papandayan. Buat foto disini ngantri loh hahaha, karena banyak yang ke Gunung Papandayan cuma sampe kawahnya aja.
Yang kanan jalur pertama, yang kiri jalur kedua, jalur ketiganya nggak sempet difoto hahaha.
Ada loh yang ke Papandayan naik sepeda. Duh saya yang jalan aja ngos-ngosan, ini lagi harus gowes di jalanan nanjak hahaha.
Sebentar-bentar istirahat, sebentar-bentar foto, sebentar-bentar makan hahaha.
Karena emang niatnya kemping ceria dan nggak mau sampe puncak, jadinya sampe Pondok Saladah dan abis diriin tenda, kita cuma nyantai aja sambil masak mie goreng empat yang dimakan berenam hahaha. Abis pada sholat Zuhur, saya sama Binar, cewek-cewek yang baru pada pertama kali naik gunung ini, langsung tidur hahahaha. Terus kita bangun jam setengah 4 sore buat main-main liat sunset di Hutan Mati. Perjalanan ke Hutan Mati cuma sekitar satu jam aja. Hutan Mati itu bagus banget deh. Isinya pohon-pohon yang udah mati dan tinggal ranting-ranting aja, bekas Gunung Papandayan meletus taun 2002 katanya.

Bayu, Mufid, Rizal, Suwasno bikin tenda gede buat cowok-cowok. Ade bikin tenda kecil buat cewek-cewek. Binar jagain tas. Kalo saya? Cuma foto-foto aja hahaha.
Hutan Mati.
Kelar sunset, kita turun balik lagi ke tenda buat bikin api unggun dan masak makan malem. Terus dilanjut tidur sampe pagi. Besok paginya, kalo orang-orangnya sih ngejar sunrise di Tegal Alun (masih atasnya Hutan Mati), tapi karena kita judulnya Kemping Ceria jadinya ya tidur aja sampe Subuh, cuma Suwasno aja sendirian jalan ke Tegal Alun hahaha. Bayu, Ade, Rizal sih pada liat sunrise di deketnya Pondok Saladah, tapi nggak ngajak-ngajak karena saya sama Binar lama antri kamar mandi dan dicariin nggak ketemu huhuhu.


Alhamdulillah ada kamar mandinya, hahaha. Lumayan bersih lagi. Tadinya udah mikir, kalo pipis di gunung gimana ya caranya? Eh ternyata ada kamar mandi pffttt.
Sunrise yang saya bisa liat cuma di kamera Bayu, hiks.
Nggak dapet sunrise tapi dapet liat matahari pagi hahaha. 
Binar, saya, dan Edelweiss yang belum mekar. Saya kira Edelweiss itu gede-gede, ternyata kecil yaaa hahaha.
Abis pada jalan-jalan pagi masing-masing kita masak terus beres-beres tenda terus turun deh hahaha. Kita turun sekitar jam setengah 10, sampe Pos 1 kita naik pick up lanjut angkot (kaya berangkat) sampe ke Terminal Garut. Di terminal sekitar jam 2-an, kita pada ganti baju, sholat, makan, dll terus akhirnya jalan pulang ke Jakarta dan Bandung sekitar jam 4.

Masak siang hari Sabtu - masak malem hari Sabtu - masa pagi hari minggu - makanan hari Minggu. Ternyata bener loh masakan di gunung itu lebih enak muahahaha.
Atas pas baru dateng: Bayu-Rizal-saya-Ade-Binar-Suwasno-Mufid.
Bawah pas mau pulang: Suwasno-Mufid-Bayu-saya-Ade-Binar, si Rizal pulang duluan karena ngejar kerja Minggu sore haha.
Atas: rombongan pas berangkat, di depan pintu masuk Gunung Papandayan.
Bawah: rombongan pas pulang, di pick up.
Karena satu angkot dan pick-up harus ber-15, jadinya kita selalu bareng sama rombongan lain.

Lama perjalanan:
  1. Kebon Jeruk – Kampung Rambutan: 2 jam
  2. Kampung Rambutan – Terminal Garut: 5 jam
  3. Terminal Garut – Cisurupan: 1 jam
  4. Cisurupan – Camp David/Pos 1: 1 jam
  5. Camp David – Pondok Saladah: 3 jam
  6. Pondok Saladah – Hutan Mati: 1 jam
  7. Pondok Saladah – Tegal Alun: kurang lebih 2 jam (katanya sih hahaha)
  8. Pondok Saladah – Puncak kurang lebih 3 jam (katanya juga hahaha)

Biaya Perjalanan (belum termasuk makan):
  1.     Kebon Jeruk – Kampung Rambutan: 10.000
  2.     Kampung Rambutan – Terminal Garut: 55.000
  3.     Terminal Garut – Cisurupan: 20.000
  4.     Cisurupan – Camp David/Pos 1: 20.000
  5.     Masuk Gunung Papandayan: 8.000
  6.     Jalan pulang: harganya sama kaya berangkat
  7.     Untuk makanan kalo males bawa di Gunung Papandayan banyak kok yang jual makan. Ada lontong sayur, mie rebus, bahkan ada tahu bakso hahaha. Harganya juga standar kok nggak mahal-mahal banget.




#NulisJuga #2

Sabtu, 20 Juni 2015

Masihkah Kamu Berbuka dengan yang Manis?



Berbukalah dengan yang manis. Begitu kira-kira hadist-nya Nabi Muhammad yang menganjurkan orang-orang yang puasa untuk buka dengan makanan yang manis dulu. Kalo jaman Nabi Muhammad dulu katanya sih buka sama 3 kurma sama air zam-zam. Kalo orang-orang jaman sekarang, buka dengan yang manis itu sama dengan buka pake teh anget manis + kolak + es campur + es sirop + agar-agar + jajanan pasar yang manis lainnya.

Iya saya buka puasanya kaya gitu, pake segala macem makanan dan minuman manis. Makanya udah hampir 17 taun puasa (mulai puasa umur 6 taun, sekarang umur 23 taun, halah) badan ya tetep aja segini-segini, nggak kurus-kurus hahahaha :(. Eh tapi itu dulu deh. Dulu pas masih tinggal di rumah. Sejak jadi anak rantau di Jogja dari taun 2009 dan sekarang juga jadi anak rantau di Jakarta Barat (bisalah di bilang anak rantau, kan Jakarta Barat ke Bekasi jauh banget hahahaha), buat saya saur itu ibarat sarapan dan buka puasa itu ibarat makan malam. Jadi ya menunya cuma makanan berat (langsung makan nasi + lauk dan minumnya air putih), tanpa ada lagi embel-embel berbukalah dengan yang manis. Alasannya apalagi kalo nggak males masak dan males beli karena ngirit hahaha hahaha.

Tapi ada manfaatnya juga loh, jadi ya sekarang kalo ada iklan sirop marjan di TV pas siang-siang atau pas detik-detik menjelang buka puasa, saya nggak lagi ngiler pengen buka karena ya emang saya nggak punya TV di kos jadi ga bisa liat iklan itu hahaha karena sirop marjan udah nggak lagi jadi menu buka puasa saya hahaha.

Karena kebiasaan langsung buka puasa pake makanan berat dan air putih, kalo pas saya lagi di rumah saya jadi udah nggak minat lagi minum teh anget manis yang nggak pernah absen dari menu saur dan buka puasa di rumah. Kolak bikinan ibu juga saya makan abis makan nasi atau baru di makan di atas jam 9 malem hahaha. Ya begitulah, semakin dewasa dan semakin kesini ritual puasa Ramadhan buat saya itu cuma kaya majuin jam sarapan dan nyatuin jam makan siang sama makan malem. Jadi ya buka puasa bukan lagi hal yang ditunggu-tunggu karena bisa makan berbagai macam makanan manis kaya dulu lagi.

Eh ini saya aja yang ngerasa begini, atau kalian juga ya? Hahaha.



#NulisJuga #1

---

#NulisJuga ini program nulis di blog yang terinspirasi sama program #31HariMenulis-nya anak-anak komunikasi UGM bikinan Mas Awe yang dua taun lalu pernah saya ikutin. #NulisJuga dibikin sama temen-temen Akber Jogja saya, Adon, Setyo, dan Lintang, yang kemudian dapet sambutan baik dari saya dan Nitha. Dan jadilah kita mulai program untuk nulis di blog selama 30 hari ini. Buat siapa aja yang mau ikut, monggo lho. Temanya bebas, yang jelas nulis rutin selama 30 hari dan share tulisannya di socmed pake hashtag #NulisJuga hehehe ;)

Sabtu, 02 Mei 2015

Sore Selo di Ancol

Selo.

Kalo di Jogja, kata ini sih artinya saat kita nggak punya kegiatan apapun atau punya waktu luang yang banyak. Bisa juga ditujukan buat orang-orang yang kurang kerjaan dan akhirnya ngelakuin hal-hal yang di luar kebiasaan sehari-hari.

Pas masih di Jogja, kalo lagi selo atau kegiatan selo yang suka saya lakuin sih ngajakin orang-orang buat jalan-jalan ke tempat yang saya belom pernah datengin. Saya pernah iseng motoran dan tau tau udah sampe di Selo, Boyolali aja. Atau pernah sepedaan dari Jalan Kaliurang km 5 sampe Goa Selarong di Bantul yang kalo naik motor kesana satu jam lebih. Atau juga pernah mobilan subuh subuh ke Pantai Parangtritis niatnya mau liat sunset eh karena ujan jadinya malah sarapan di Kotagede. Pernah juga dini hari abis taun baruan foto-foto di Underpass Jombor yang waktu itu baru aja selesai dibangun.

Sejak pindah ke Jakarta, saya udah jarang sih punya waktu selo dan ngelakuin hal selo. Senin-Jumat kerja, kalo Sabtu-Minggu tuh mager (males gerak) banget dan bawaannya pengen doing nothing aja di rumah hahaha.

Tapi ceritanya kemaren hati dan pikiran lagi suntuk banget ditambah long weekend hari buruh dan nggak ada yang bisa diajak main. Jadilah abis makan di SS (iya Spesial Sambal, tempat makan yang dituju kalo kangen Jogja dan kangen makan banyak dengan harga terjangkau, hahahaha) dan punya waktu selo tapi bingung mau ngapain (tadinya mau ke Pasar Santa tapi nggak jadi karena saya udah pernah, hahahaha) akhirnya saya selo banget main ke Ancol. Bener-bener selo karena cuma ke pantainya doang, ga ke Dufan atau Gelanggang Samudera atau Atlantis. Tadinya mau naik Gondola sih, tapi batal karena mahal bayar 50ribu hahahaha.

Gerbang Masuk Ancol
Monumen Ancol

Disana ya saya cuma foto-foto (ala ala anak jaman sekarang biar eksis di instagram), naik perahu harga 10 ribu, jalan di jembatan panjang yang biasanya dipake buat prewed atau syuting film berantem, sama pipis di kamar mandi, eh sama sholat juga deh, hahahaha. Abis itu yaudah pulang, pake drama nyasar di Tanjung Priok segala dan lewatin Kelapa Gading, Cempaka Putih, Pulo Gadung sambil ujan-ujanan. Padahal kalo kata bapak saya dari Tanjung Priok ada jalan pintas ke Bekasi yang ga usah pake muter-muter sampe daerah-daerah itu segala. Yaudahlahya, namanya juga lagi selo, hahahaha.

Perahu Harga Sepuluh Ribu
Di dalem perahu. Adek ini fotogenic banget deh, selama di perahu foto-foto mulu, haha.
Beach Pool, yang selalu hits dari dulu. Kalo jaman liburan apalagi lebaran, pasti banyak banget orang dari segala penjuru Jakarta numplek disini.
 
Baywatch ala Indonesia. Bapak tukang jaganya rajin banget deh neriakin adek-adek yang berenangnya mulai nggak ikut aturan, misal terlalu ke tengah lah atau nggak ada orangtuanya lah. Bagus sih dijagain, tapi bikin berisik dan bikin anak-anak jadi nggak nyaman berenangnya, hahaha.
Jembatan panjang yang biasa buat prewed atau syuting film berantem, hahaha.
Apartemen di Ancol. Penasaran, yang punya apartemen ini orang asli Jakarta apa turis yang beli biar sekalian liburan di Ancol ya? hahaha.

Gitu lah, jalan-jalan mah mending dadakan aja. Kalo direncanain malah nggak jadi-jadi, hahaha.

Ini uang yang kemaren dikeluarin buat ngisi keseloan:
- Tiket masuk Ancol: 25.000
- Tiket motor: 15.000
- Beli minum Frestea: 10.000
- Naik perahu: 10.000
- Bensin: 20.000


N.B: Tiket motornya patungan sih, terus bensinnya juga dibayarin hahaha :))


Taman Impian Jaya Ancol, ya lumayan lah buat nambah-nambah jumlah taman di Jakarta walaupun untuk sebuah taman harganya kemahalan, hahaha.

Sampai jumpa di kegiatan selo dan di waktu yang selo dengan orang yang selo berikutnyaaa, hahaha...


Temen Selo ke Ancol

N.B. lagi: duh maap kalo fotonya banyak yang nge-blur, maklum hape murah hahaha :))

Minggu, 05 April 2015

How to Create A Great Customer Service in Our Company?

Entrepreneur Club Indonesia presented CEO Talk on Friday, 27 March 2015 at Wisma BCA, Serpong, Banten. They invited Armand Wahyudi Hartono, Director of BCA and Wani Sabu, Head of Halo BCA as a guest speaker. Armand opened the session by explaining about Halo BCA. He said this is not an office but a playground. After that, Wani gave the audiences a presentation about ‘Delivering Word Class Contact Center’, as people known, Halo BCA is a BCA’s customer services call center.
Armand Wahyudi Hartono, Director of BCA

Wani became Head of Halo BCA since 2006. At her first time, Halo BCA was a bad place to work and a last choices division in BCA. “Working in Halo BCA was not a fun job,” Wani said. At that time, she had a vision to beat Mandiri as a Best Customer Service Banks in Indonesia. But, Armand, as a Director of BCA wanted to bring Halo BCA to the world, not just the best in Indonesia. Until now, Armand and Wani succeed to make Halo BCA as a Best World Contact Centre in 2014. These are the tranformation of Halo BCA:
1. Hotline Center (1995 – 2000)
2. Service Center (2001 – 2008)
3. Solution Center (2009 – 2013)
4. Engagement Center (2014 – present)

Halo BCA's Trophy for Best Customer Care in Indonesia

As an engagement center, Halo BCA also actively call their customers to ask about their needs or their problems using BCA services.

Wani shared how Halo BCA achieved many awards. Here are the tips:
1. Multi Access
Halo BCA had many channels for customer who wanted to ask or complain. They had Call Center (021-500888), Video Banking, Video Call, Website (www.bca.co.id), Twitter Account (@halobca), Email (halobca@bca.co.id), and Fax/Mail.
2. Empowerment for Smart Solution
“We had the tagline Faster, Integrated, and Accurate. So customer can satisfied with our service, because our concern is customer focus,” said Wani who had worked in BCA since 1992. Before being a customer service officers, the candidate had several training classes in order to make them give faster, integrated, and accurate services to customers. There were also team leader who help customer service officers when they found difficulties.
3. Exceptional Service
In order to give the best service to their customer, Halo BCA implied some exceptional service, such as:
- Everyone is customer service officer
From security, banking office, team leader, supervisor, manager, head, until director must give the best service to everyone.
- End to end and fast service
“My job was also to catch the thief who stole our customer’s money,” Wani shared her experienced. It proved that Halo BCA was also gave the end to end services to the customers and they also work with police authority. Besides having many customer service officers, Halo BCA also had back office support officer. So, if there were a problem in customer’s calls, Halo BCA could fix it quickly based on support from back office.
- Know the customer profile
Halo BCA has CRM Application that can discover customer profile quickly. So, when the customers called Halo BCA, the staffs could easily know they profile.
- Halo Solution Center
Halo BCA always strive to be number one in services. Halo BCA also provide face to face interaction services with the customer if there are complaints that can not be resolved in call center.
- Customer Day’s Activities
As an engagement center, Halo BCA tried to visit and entertain their customer not only met them on the phone. For example, Halo BCA held open house and meet customers. Last even was at 14 September 2014 to celebrate National Customer Day.
- Providing more information to find customer’s needs
Making focus group discussion to hear customer’s wants and needs.
- Using The 4 Disciplines of Execution and Kai (Change) Zen (Good) for the employee
Halo BCA had personal staff goals and The Quality Assurance Team would check the staff’s performance every week.
4. Good Job
According to Wani, good company was from good staffs and services. So Halo BCA always look for good people to work with. Here are the ways:
- Hire the right people
- Make behavior training for staff’s soft skill
- Clear career path
CSO candidate had a training

5. Key Performance Indicators
In order to improve staffs performance, Wani was always concern with their quality. These are her explanation in Halo BCA’s KPI:
- Quality Assurance (QA) Team will check Customer Secvice Officers (CSO) performance once a week. They check from three sources, live listen when CSO pick the customer’s phone, listen the recorded voice, and call CSO and pretending as a customer.  QA Team will evaluate how CSO handle and deal with the customers.
- Once a month, QA Team will give a score to CSO. If CSO receives under 86 score, they will sit in an ‘Under 86 Zone’. So that, they can improve their performance to move at the normal zone.
- All the staffs has a creative personal goal boards. Every week, they put their score in their handmade and creative boards.
Creative Personal Goals Board

- All the staffs above the supervisor, such as Supervisor, Head of Unit, Head of Bureau, Head of Halo BCA, and also Director of BCA has a personality pin based on DiSC Test. These are the personality pin (ref: https://www.discprofile.com/what-is-disc/overview/):
a. D pin for Dominance person: person places emphasis on accomplishing results, the bottom line, and confidence.
b. I pin for Influence person: person places emphasis on influencing or persuading others, openness, and relationships.
c. S pin for Steadiness person: person places emphasis on cooperation, sincerity, and dependability.
d. C pin for Conscientiousness person: person places emphasis on quality and accuracy, expertise, and competency.
Halo BCA uses this pin to recognize the caracter of the person. So everyone knows how to communicate with other people effectively.

Armand and Wani applied a positive atmosphere and happy workplace to the staffs. So, they enjoyed doing their works and they would give the best services to the customers.

Workplace in Halo BCA

Armand and Wani also made a competitive environment to the staffs. “Because competition would increased our competence,” Wani said. Another tagline that is always used in Halo BCA was ‘Winner never quit and quitter never win’. So that, Armand and Wani encouraged the staffs to join in many competition, both in customer service competition or community (dance, vocal group, etc) competition.

Halo BCA Vocal Group opened the session
Halo BCA Dance entertained the audiences

The last ways to make a great customer service in our company, as a leader do not to be a dictactor leader to your staffs. Make them a friends and give them a happy worklife. Wani also said, “Success is not just about what you accomplish in your life. It is about what you inspire others to do."

Wani Sabu presented Halo BCA's new mascot
To The New Digital Indonesia with Wani Sabu

Jumat, 20 Februari 2015

(P) I N D A H

Ada indah di tiap pindah, tapi move on-nya itu lho yang susah...

Hampir semua orang nggak suka sama yang namanya perpisahan. Kenapa sih harus ada pertemuan kalo akhirnya harus ada perpisahan? Jawabannya untuk menciptakan kenangan. Kalo nggak ada pertemuan, nggak akan ada cerita. Dan biasanya cerita itu akan dikenang kalo sudah ketemu sama perpisahan. Kenapa harus pisah? Biar kalo pas ketemu lagi, ceritanya bisa tambah seru. Terus nyiptain kenangan baru lagi deh. Kan emang yang namanya perpisahan itu adalah awal dari pertemuan yang lebih indah. Hahaha ngomong apa saya ini? :))

Di dalam hidup, kita pasti pernah ngerasain perpisahan. Yang paling simple sih perpisahan pas lulus sekolah. Temen-temen jaman TK, nggak semuanya didaftarin orang tuanya di SD yang sama kan? Temen-temen jaman SD, nggak semuanya mau masuk SMP yang sama kan? Temen-temen jaman SMP, belom pasti diterima di SMA yang sama kan? Temen-temen jaman SMA, belom tentu pengen masuk di universitas dan jurusan yang sama kan? Apalagi temen-temen jaman kuliah, nggak mungkin semuanya lolos seleksi di perusahaan yang sama kan? Nah seenggaknya orang-orang twenty something gini udah pernah ngerasain seenggaknya empat kali perpisahan, hahaha.

Tiap saya ngeluh sedih karena pisah, ibu saya selalu bilang, “Halah paling awalnya aja kamu sedih, lama-lama juga jadi seneng karena ketemu baru. Jangan lebay deh.” Hahaha tapi emang bener sih apa kata ibu saya. Awalnya aja kita (atau saya) ngerasa sedih. Dan kaya kata orang-orang, obatnya sedih itu cuma waktu. Lama-lama sedih karena pindah itu bisa luluh. Entah karena udah bisa menyesuaikan dan seneng sama lingkungan baru atau karena perasaan ‘yaudah lah ya mau gimana lagi’ hahaha.

Tapi tetep aja sih, ada rasa sedih (banget) waktu saya ninggalin Jogja, walaupun setelah jalan 2 bulan ini sedihnya udah sedikit demi sedikit berkurang, hehe. 5 tahun 5 bulan ngabisin waktu di Jogja. Waktu pindah itu rasanyaaaaaa... kaya diputusin pas lagi sayang-sayangnya hahaha. Cuma bedanya, kalo yang ini kan bisa balikan lagi (baca: pindah ke Jogja lagi). Yaaa who knows lah saya bakalan betah di Jakarta apa akhirnya hati ini tak dapat melupakan Jogja dan kembali lagi ke kota itu, muahahaha.



Anyway, terima kasih untuk Jogja dan seluruh isinya, yang udah menghadirkan senyum abadi, yang udah ngebuat saya jadi jauh lebih dewasa dan punya pemikiran yang lebih terbuka. Semoga Jogja selalu mengijinkan saya untuk selalu pulang lagi. Bila hati mulai sepi tanpa terobati. 


See you on top, guys!
Jadi, udah berapa kali nih kamu ngerasain susahnya proses move on dan dapetin makna indah di dalam pindah? :)

*foto-foto lainnya bisa di liat di facebook saya, hahaha -> (P) I N D A H

Rabu, 11 Februari 2015

Terima Kasih... :)

Hai hai... gelaaaaa udah lama banget nggak nge-blog. Banyak banget deh kisah hidup (tsaelaaaah) yang udah saya laluin dari terakhir nge-blog bulan Juli sampe sekarang, hahaha. Dari mulai sidang pendadaran, wisuda, pindah dari Jogja, sampe sekarang udah menetap di Jakarta buat kerja hahaha. Niatnya sih mulai 2015 ini bakal sering nge-blog lagi. Tapi nggak tau terlaksana apa nggak, muahahaha.
Anyway, mau nge-post ucapan terima kasih yang ada di skripsi saya nih. Tapi baru kesampean sekarang, hehehe. Rasanya selesai skripsi ituuuuuuu... luar biasa gaes! Bayangin, saya tuh pernah ada di tahap bertanya pada diri sendiri "gue bisa lulus nggak ya?" saking desperate-nya tiap ke dosen pembimbing revisi mulu, hahahaha. Cerita sampe akhirnya di ACC juga rada kaya sinetron, karena si dosbing tercinta lagi ke luar kota padahal deadline ngumpulin bentar lagi. Alhasil di ACC-nya cuma via SMS hahahaha.
Pas sidang pendadaran juga nggak nyangka dapetin penguji yang asik banget, ditambah saya dibelain sama mas dosbing tercinta! Sempet nggak percaya, dengan skripsi yang amat sangat pas-pasan bisa lulus juga hahaha. Oke maap hidup saya emang penuh ke-lebay-an :))
Senengnya nggak sampe situ, gara-gara takut nggak ada yang dateng pendadaran sama wisuda, saya koar-koar ke banyak orang kalo saya mau pendadaran sama wisuda muahahaha. Alhamdulillah, puji Tuhan banyak yang sayang sama saya, jadinya rame deh pas lagi dua acara penting itu :D
Oh iyaaaa ini dia ucapan terima kasihnyaaaaa... :) 
***
Terima kasih… Alhamdulillah, puji Tuhan, akhirnya skripsiku selesaaaaiiiiiiii jugaaaaaaa. Selain pastinya bersyukur kepada Allah SWT, beribu terima kasih juga aku ucapin buat orang-orang yang ikut ngebantu, ngedukung, nyemangatin, ngedoain, bahkan nyinyirin (karena nggak selesai-selesai, haha) selama proses pengerjaan skripsi ini…
Untuk keluargaku. Ibu Widiasih Aminatun, Bapak Sutrisno, Dek Rizal Alfath, Dek Alfianida, Mas Iin, Mas Agung, Mas Dika, Bude Kranji, Bude Prembun, Bude Tejo, Pakde Kranji, dan semua mas, mbak, adek, bude, pakde, om, bulik, mbah, yang udah ngedukung baik secara moral maupun material.
Untuk dosen pembimbingku. Mas Wisnu Martha Adiputra. Dari awal kuliah aku udah berdoa untuk dibimbing Mas Wisnu pas skripsi, akhirnya doaku terkabul. Ya walaupun di awal sempet nyesel karena revisinya banyak banget, hahaha. Tapi di akhir aku bersyukur, karena berkat dibimbing Mas Wisnu skripsiku jadi (hampir) tanpa cela di pendadaran, hehehe.

Untuk para narasumber skripsi. Pak Nurhadi, Mas Bima Arditya, Mbak Rita Pamilia, Mbak Vinia Rizqi Prima, Mas Rahmanu Hermawan, dan Roy Rosa Bachtiar. Terima kasih karena sudah sangat kooperatif dan membantu.


Untuk kakak angkatan yang skripsinya jadi acuanku. Mbak Susanti Nurul Amri dan Mbak Intan Agisti Nila Sari. Terima kasih banyaaaak Mbak Susan dan Mbak Intan, buat konsep Fink-nya, buat inspirasi kata-katanya, dan buat ijinnya ngebolehin aku liat skripsi kalian, hehehe.
Untuk dua orang terbaik dan terpenting selama kehidupanku di Jogja.
1.     Bayu Ardiyanto. Terima kasih buat semua bantuan dan semangatnya. Terima kasih udah mau sering banget aku repotin dan aku tanyain tentang berbagai hal. Semoga kamu (dan aku juga sih) bisa jadi orang kaya dan sukses! Hahaha.
2.     Risa Listiani. Terima kasih atas dukungannya, baik itu hal yang positif maupun yang negatif, hahaha. Terima kasih buat semua obrolannya tentang mimpi, tentang kerjaan, tentang percintaan, bahkan tentang nyinyirin orang, hehehe. Semoga kita bisa jadi tetangga di Amerika Serikat yaaaa :)
Untuk teman sepermaian Komunikasi UGM 2009. Terima kasih sudah mewarnai kehidupan kuliahku selama 5 tahun 1 bulan ini. Khususnya untuk:
1.     #BNL08 a.k.a Binaling. Siti Alifah Farhana Dinanta, Intan Kurnia Ramadhani, Fitra Armela, Amelina Fauzan Lestari Putri, Putri Amandhari, Sarah Karinda, Septifa Nur Hudania. Terima kasih atas pertemanannya yang walaupun oportunis, tapi sangat menyenangkan. Yang walaupun tiap ketemu selalu ngegosip dan nyinyir, tapi kita ga pernah nyerang salah satu diantara kita. Yang walaupun kuantitas pertemuannya jarang, tapi tiap ketemu selalu berkualitas.  Terimakasiiiiihhhhh binaaaaals! :*
2.     Bebeking. Dimas Rizky Anugerah, Luqman Zaqiy Jatibenang, Ganang Parmanto, Ipeh, Intan, Sarah, Tifa. Terima kasih udah bersedia banyak aku repotin di awal-awal kuliah. Terima kasih buat antar-jemputnya jaman aku belom punya motor. Terima kasih buat kerja kelompoknya. Duh jadi kangen nginep kos Ganang sambil ngece foto Ganang sama pacarnya yang awet banget itu, hahaha.
3.     Sekte Kulon Perpus. Risa, Nabilla, Aghnia, Aip, Afnan, Linna, Ay, Tebo, Pakde, Ulum, Napek, dan Nicko. Terima kasih udah ngajakin aku sama Risa ada di geng ini, hahaha. Terima kasih juga buat segala proses syuting PSTV-nya yang menyenangkan; naik jip mogok di Magelang, nginep dingin-dingin di Kedung Kayang; ngedit bermalem-malem. Terima kasih buat kumpul-kumpul, obrolan-obrolan, dan ketawaketawanya.
4.     Girls on Fire a.k.a Breaking Bitches. Risa, Amnesti Marta, Prasakti Ramadhana, dan Stella Rajasa. Terima kasih udah jadi temen seperskripsian dan seperjuangan disaat yang lain udah pada lulus, hahaha. Terima kasih udah jadi temen yang bikin aku bebas sharing apaaaaaa ajaaaaa tanpa takut dicela. Semoga kita bisa segera keluar dari Indonesiaaaaa, hahaha :))
5.     Teman-teman KomunikASi Ku Sayang (Kaskusian). Santika, Pupun, Asa, Memed, Dhimbay, Ngehek, Happyta, Firsty, Ranum, Kesty, Ikas, Zu, Deri, Andin, Megan, Shofi, Lisna, Wenny, Pandu, Efan, daaaaan semuanyaaaaaa. Terima kasih buat pertemanannya dari mulai ospek, KNP, GC, Komkustik, sampe akhirnya kita udah pada misah, huhuhu :((
Untuk keluarga komunikasi UGM.
1.     PPC. Publicia Photo Club, Publicia Picnic Club, Publicia Percurhatan Club, Publicia Pergosipan Club, dll, hahaha. Terima kasih yaaaa Risa, Dhimbay, Memed, Efan, Afnan, Mbak Intan, Cahya, Mbak Saila, Mas Ari o, Bisma, Ajeng, dll udah ngajarin aku di fotografi. Ya walaupun yang aku dapetin lebih banyak nongkrongnya sih daripada ilmunya, hahaha.
2.     Kine. Terima kasih Mbak April, Dini, Gilang, dan semua anak Kine. Terima kasih karena berkat masuk Kine aku jadi bisa ngerasain produksi film dan referensi tontonanku bertambah!
3.     Komako. Korps Mahasiswa Komunikasi. Terima kasih buat Kak Fania yang ngebuat aku pengen gabung di Komako. Terima kasih buat teman seperjuangan angkatan Wina-Gita, khususnya buat Departemen Medkominfo. Terima kasih juga buat pengalamannya dipercaya jadi Koor Perkap di Ospek Jurusan 2011 :))
4.     Dosen dan Staff Komunikasi UGM. Terima kasih Mas Rizal, Mas Sulhan, Mbak Mutia, Cak Budi, Mbak Lisa, Mbak Monik, Bang Abrar, Mas Dodi, Mbak Rajiyem, dan semua dosen-dosen Komunikasi UGM. Terima kasih juga buat Mas Bari, yang selalu mau nerima berkasku walaupun sering telat ngumpulin, hahaha.

Untuk teman-teman organisasi, teman-teman komunitas, dan teman-teman kerja. Tempat aku belajar banyak dan jadi manusia yang tangguh (halah), hahaha.
1.     SKM UGM Bulaksumur. Risa, Bayu, Mbak Didi, Mbak Rifki, Mbak Nadia, Ferdi, Mbak Susan, Mbak Lulu, Mbak Nindi, Ijat, Hanum, Itok, Manda, Adit, Mada, Bang Beryl, Mas Aldi, Kecap, Pandu, Aji, Chilmi, Dian Kur, Indi, Anis, Winny, Salsa, Mayang, Novan, Sidiq, Mas Remo, Kautsar, Dinda, Sekar, Mbak Anji, Mbak Sinta, Mbak Pipit, Mas Juned dan semuanyaaaaa temen-kakak-adek angkatan yang udah bikin masa-masa di UGM jadi sangat-sangat menyenangkan. Terima kasih buat ilmunya, buat kekeluargaannya, buat obrolan-obrolannya, buat curhatan-curhatannya, buat nongkrong-nongkrongnya, dan buat segala hal yang terjadi di B21 Jalan Kembang Merak! :*
2.     ECC UGM. Mbak Rita Pamilia, Mbak Vinia Rizqi Prima, Mbak Pepy Amalia, Mbak Elyana Septi Hidayanti, dan Mbak Rifki Amelina Fadhlina. Terima kasih buat ilmunya, buat gosipnya, buat sharing-nya, dan buat jalan-jalan ke Bali-nya. Terima kasih buat teman-teman freelance, Novan, Mada, Indah, Ardan, Mbak Imas, Dimas, Angga, Tongki, Ocha, Ita, Dewi, dll. Terima kasih juga untuk seluruh staff ECC UGM, terutama Mbak Dee, Mbak Dewi, Pak Hadi, Mas Deka, Mas Broto, Mas Bima, Mas Rudi, Mbak Wintang, Mbak Emi, yang udah ngebantu aku selama magang dan jadi freelance.
3.     Eureka Consultant. Terima kasih untuk Nabilla Kusuma Vardhani yang udah ngajak aku gabung di konsultan yang luar biasa kerennya. Terima kasih untuk Mas Mohammad Genta Mahardhika yang udah ngasih aku kesempatan untuk jadi trainer dan dipercaya jadi tim manajemen disini. Terima kasih buat sahabat trainer, Sisil, Rensy, Afidha, Kak Fika, Mas Jumran, Kak Hendra, Alif, Kak Tia, Ifah, Alfe, Sari, Yoga, Kak Adi, Molly, dan semuanyaaaa. Seneng banget bisa ada di tengah-tengah kalian. Semoga misi membuat pemuda Indonesia jadi Golden Generation terwujud! :D
4.     Kompas MuDA. Terima kasih banyak mbak-mas Kompas (Mbak Paula, Mbak Ita, Mbak Lena, Mbak Sara, Mbak Flavi, Mbak Titi, Mas Aris) buat kesempatannya ngajak aku ikutan event-event Kompas. Terima kasih banyak teman-teman Kompas MuDA (Risa, Santika, Fikri, Yudha, Nicko, Ardan, Denty, Ayip, Tongki, Raro, Wawan, Gigi, Mbak Yaya, dll) buat ketawa-ketawanya yang selalu ngangenin!
5.     Akber Jogja. Untuk Mas Rafly yang udah mengen-mengenin aku buat jadi volunteer. Untuk Dadan, Setyo, Adon, Ambon, Nitha, yang udah berjuang bikin kelas bareng di awal aku masuk, sampe pengalaman yang menakjubkan di Jakarta (minus Dadan sih, haha). Untuk Masus, yang udah kaya cenayang plus HRD plus pendengar yang baik. Untuk Latip dan Onde, yang sering aku repotin masalah laptop dan kadang numpang curhat juga, hahaha. Untuk Mbakcha, Valen, Kiana, Lintang, Depi, Selly, Mia, Echi, Tika, juga cewek-cewek Akber lain yang udah berbagi gosip, hehehe. Dan untuk volunteer Akber Jogjaaaaah semuanyaaaaaaah Angri, Dende, Cahya, Ejak, Nanda, Dio, Nini, Dharmo, Azila, Ghani, dll. Beribu-ribu terima kasih deh pokoknyaaaaaaah…
6.     Swaragama FM. Terima kasih Indira, Kak Fania, Asad, Kak Ayu, Ajis, Panji, Radin, Robik, Jofan, Mas Boma, Andin, Kak Tika, Indra, Iyan, dan semua temen-temen di Swaragama FM (yang pernah ataupun masih disana), yang walaupun aku udah lama keluar dari training tapi tetep bisa temenan sampe sekarang.
7.     Alumni VDMS Jogja. Terima kasih Mas Rahmanu, Mbak Jessica, Mbak Pungky, Mas Andreas, Melly, Mas Ian, Daniel, Mbak Ida, Mbak Chrisan, Pak Nizam, Mahmud, dan semua temen-temen alumni VDMS Jogja. Aku akan selalu merindukan ngobrol-ngobrol bareng kalian di Omgie (terutama ayam gepreknya sih, haha).
8.     MC Wisuda UGM. Terima kasih buat seluruh temen-temen MC Wisuda UGM dan Staff Protokoler UGM, karena udah ngewujudin salah satu mimpi aku buat jadi MC di acara wisuda, hehehe.
Untuk teman-teman KKN Ngenep 2012. Geng Bibir Sub Unit Ngenep: Valendra Granitha Shandika Puri, Niken Dyah Setyaningrum, Lisa Saras Wati, Adistita Paramahita, Mustafa Rayhan, dan Yanuar Reza. Terima kasih untuk 35 harinya yang menyenangkaaaaaan dan kadonya pas ulang tahun (plus besok pas wisuda, hahaha). Terima kasih untuk Sub Unit Tumpangrejo (Rico, Ari, Indra, Darojat, Mia, Yayun, Aster) dan untuk Sub Unit Mojosari (Novan, Fian, Lintang, Irma, Puter, Cindy, Praja, Eny). Terima kasih juga buat Novan, temen ngeluh, ngegosip, nyinyir, dll yang nggak cuma di KKN tapi juga di luar KKN, hahaha.
Untuk Kos Surono. Terima kasih untuk Bu Surono dan alm. Pak Surono, yang udah jadi ibu dan bapak kos terbaik. Terima kasih untuk Mbak Salim, yang udah banyak ngebantu anak kos di kerjaan-kerjaan rumah tangga. Daaaaan terima kasih untuk mbak-mbak dan adek-adek penghuni (dan mantan penghuni) kos, Mbak Siti, Duo Mbak Nisa, Mbak Eli, Mbak Uli, Mbak Fia, Winny, Tiara, Netria, Mbak Fitri, Mbak Uci, dan Cindy.
Untuk teman-teman sesama perantau dari Bekasi. Nia, Kele, Ganta, Moko, Naval, Gusti, Kakek, Silmi, Icha, Kadek, dll. Akhirnyaaaaa gue wisuda juga yaaaa nyusul kalian, hahaha.
Untuk teman-teman SMA yang jauh di mata tapi dekat di WhatsApp. Dable & Ranger (Nia, Adit, Febby, Titan, Kak Aziz, Kak Hendy, Kak Dian, Kak Dara, Reza, Destia), keXIan (Meri, Silbo, Indah, Eva, Isti, Uthi, Putri, Sila, Cempreng, Aya), Dondon, Mbie, Sodik, Hemz, dll. Terima kasih udah sering nanyain kapan gue lulus, jadinya termotivasi buat segera nyelesein skripsi, hahaha.

Untuk Jogja dan seluruh isinya, yang udah menghadirkan senyum abadi, yang udah ngebuat aku jadi jauh lebih dewasa dan punya pemikiran yang lebih terbuka. Semoga Jogja selalu mengijinkanku untuk selalu pulang lagi. Bila hati mulai sepi tanpa terobati. 


*kalo mau loat foto-foto wisudanya bisa di liat disini: https://www.facebook.com/annisa.i.tiwi/media_set?set=a.10204320206341101.1073741835.1107501893&type=3 hehehe hehehe