Selasa, 15 Mei 2012

Taman Sari, Tempat Wisata dan Belajar Fotografi


Foto dengan teknik side light

-->
Foto diatas adalah foto Memed, ketika kami sedang mengerjakan tugas Fotografi Jurnalistik semester 5 lalu. Foto itu berlokasi di Sumur Gumuling, salah bagian di dalam kompleks Taman Sari. Tempat wisata yang didirikan pada 1758 ini, berada di wilayah Keraton Nyayogyakarta. Pembangunan Taman Sari merupakan ide dari Hamengku Buwono I, dibantu Raden Ronggo Prawirosentiko (Bupati Madiun) sebagai arsiteknya, dan Demang Tegis (orang Portugis yang mendapat gelar dari kerajaan) sebagai tenaga ahli strukturnya.

Taman Sari mempunyai dua pintu gerbang utama, yaitu Gapuro Agung (jalan menuju Sumur Gumuling) dan Gapuro Panggung (yang digunakan sebagai pintu masuk utama ke lokasi kolam pemandian Taman Sari). Dahulu Sumur Gumuling yang bentuknya menyerupai setengah lingkarang sempat dijadikan Mesjid. Lalu kompleks utama Taman Sari dijadikan tempat pemandian bagi para putri keraton.

Taman Sari, terutama Sumur Gumuling, merupakan spot yang sering dikunjungi fotografer jika ingin belajar fotografi dasar. Alasannya karena di lokasi ini, pencahayaannya sangat bagus dan berasal dari berbagai arah. Fotografer dapat mengambil gambar dengan teknik top light (cahaya atas), front light (cahaya depan), back light (cahaya belakang), side light (cahaya samping), rim light, dan juga siluet.

Selain itu, menurut saya, kompleks Taman Sari ini sangatlah artistik. Ada beberapa elemen yang memengaruhi arsitektur bangunan kompleks Taman Sari ini, diantaranya pengaruh Hindu dan Budha, Jawa dan Islam, Cina, Portugis dan Eropa. Maka tak heran, jika ada teman dari luar kota yang berkunjung ke Yogyakarta, saya pasti membawa mereka ke tempat ini. Dengan harga Rp 3.000,00 untuk masuk kompleks pemandian dan gratis untuk masuk ke Sumur Gumuling, wisatawan dapat menjadikan Taman Sari sebagai salah satu pilihan wisata sejarah di Yogyakarta.


Foto bersama PPC 2009 di Sumur Gumuling

Foto bersama PPC 2010 di Gapura Agung

Foto bersama Reza, teman dari Bekasi, di kolam pemandian





*tulisan kelimabelas dalam #31HariMenulis tahun kedua
**credit: foto 1 Memed, foto 2 dan 3 ntah siapa yang pasti anak PPC, foto 4 Nia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar