Rabu, 09 Mei 2012

palang merah

Foto bersama anggota PMR SMA 1 angkatan 22

Selasa kemarin (8/5), merupakan Hari Palang Merah Internasional. Pada hari itu, Henry Dunant, tokoh pendiri International Committe of the Red Cross (ICRC), lahir di Swiss. Henry Dunant adalah pelopor organisasi kemanusiaan terbesar di dunia tersebut. Dari ICRC, kemudian lahirlah organisasi sejenis di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, kita kenal dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Palang Merah, terutama Palang Merah Remaja (PMR), tak lepas dari kenangan saya akan sekolah. Sejak SMP hingga SMA, PMR menjadi ekstra kulikuler yang selalu saya pilih sebagai kegiatan di luar belajar formal. Di PMR, saya pun belajar tentang asas-asas kepalangmerahan yang sangat berguna di kehidupan saya. Asas tersebut adalah Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan, atau disingkat mansanemansusase. Karena itulah saya merasa Henry Dunant sangat berjasa dan secara tidak langsung membuat saya mengenal palang merah.










*tulisan kesembilan dalam #31HariMenulis tahun kedua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar