Senin, 07 Mei 2012

Saya Ingin Bermain Gamelan

Tari Klana Raja

Fragmen Menak "Kelaswara Palakrama"

Minggu (6/5), saya bersama Ferdi dan Pandu menonton penampilan UKM Swagayugama di Bangsal Sri Manganti, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Memang, tiap dua bulan sekali Swagayugama tampil Kraton. Dan karena Swagayugama baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-44 di Gelanggang minggu lalu, dua dari tiga tarian yang dihadirkan kemarin adalah tarian saat perayaan ulang tahun.

Rasanya melihat orang-orang menari diiringi gamelan itu membuat saya iri. Dulu saya mempunyai keinginan untuk memainkan salah satu dari perangkat gamelan di depan umum. Karena itu, saat semester satu saya mengikuti UKM Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS). Tapi sayang, karena waktu latihan yang bentrok dengan jadwal kuliah dan kegiatan lain, saya pun perlahan-lahan mundur dari UKM itu. Padahal impian saya untuk tampil di depan umum belum terpenuhi.

Kepada Pandu, yang memang anggota UKJGS, saya mengatakan bahwa semester depan saya akan mendaftar menjadi anggota UKJGS lagi. Semoga rencana itu tak hanya tinggal sebagai wacana saja. Dan semoga sebelum saya lulus kuliah, saya bisa tampil memainkan salah satu dari perangkat gamelan di depan umum. Amin.





*tulisan ketujuh dalam #31HariMenulis tahun kedua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar