Jumat, 07 Juni 2013

Yuk Belajar Buat Nggak Iri :)

Pernahkah kamu merasa iri? Kalo saya sih pernah banget. Iri karena nilai temen lebih tinggi padahal ngerjain tugasnya bareng, iri karena uang jajan adek lebih gede dari uang jajan sendiri, iri karena tetangga sebelah bisa liburan ke luar negeri sekeluarga, dan iri-iri lainnya. 

Dari jaman pelajaran agama di SD dulu, yang namanya iri memang penyakit hati paling merusak pikiran. Tapi masih banyak orang yang punya penyakit ini di dalem hatinya. Alesannya pasti: ya gimana ya yang namanya manusia nggak ada pernah puasnya. 


Nah padahal menurut Mbah Sudjiwo Tejo, yang saya temuin di Bentang Street Festival, iri itu ada karena kita nggak percaya diri. Kalo kita percaya terhadap kemampuan diri sendiri, nggak akan ada yang namanya kurang puas. Nggak akan ada yang namanya nggak suka sama kelebihan yang dimiliki orang lain.


Lalu ada lagi tips dari Pak Ibnu, career trainer yang saya temuin di acara beasiswa saya, bahwa dalam hal apapun kita harus selalu do the best not do my best. Maksudnya adalah, lakukan suatu hal yang terbaik menurut sistem, bukan hal yang terbaik menurut diri kita. Kalo terbaik menurut diri kita, pasti kita akan melihat yang terbaik dari orang lain, dan akhirnya timbul rasa iri. Tapi kalo kita melakukan yang terbaik menurut sistem, orang pun akan menganggap kita yang terbaik juga.


Tapi baik Mbah Sudjiwo maupun Pak Ibnu bilang, kalo kita mau menghilangkan sifat iri adalah banyak-banyak bersyukur dan menerima apa yang sudah kita punya dan kita bisa. Karena tiap orang punya jalan hidup dan keahlian yang berbeda-beda kan?


Semoga kita semua bisa mulai mengurangi iri dan selalu menabur syukur. Seperti penggalan lirik dari film Joshua Oh Joshua yang menurut saya sangat bermakna ini:


Jika teman bahagia hatinya, jika teman bersuka hatinyaIkutlah bersuka cita turutlah merasakan bahagia dengannya  
Jika temanmu bergembira, jika temanmu senang hatinyaRasakan getaran sukanya turutlah menjadi bagian darinya 
Jangan hey jangan jangan sedih melihat teman bahagiaJangan hey jangan jangan bahagia melihat teman bersedih  
Sirik itu namanyaSirik tak baik adanyaSirik tanda tak mampuSirik buang jauh jauh  
Jika temanmu sedang berduka jika temanmu sedih hatinyaHiburlah hatinya buatlah agar dia selalu merasa gembira







*tulisan keduapuluhempat dalam #31HariMenulis tahun ketiga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar