Kamis, 30 Mei 2013

Persiapan Sebelum Wawancara Kerja (2)

Halo! Setelah sebelumnya saya udah nulis Persiapan Sebelum Wawancara Kerja bagian 1 di sini, sekarang saya mau lanjut nge-share tentang ilmu yang saya dapet dari Friday Indepth bersama Caring Colours Martha Tilaar Group. Kemaren saya udah ngomongin tentang penampilan saat mau wawancara. Kalo sekarang saya mau bahas tentang sikap saat wawancara dan cara menyikapi perjanjian kerja.

Sikap Saat Wawancara Kerja oleh Vony Rosemary (Trainer Caring Colours):
  • Saat masuk ucapkan salam.
  • Lakukan jabat tangan dengan pewawancara. Kalo kamu nggak mau jabat tangan, tunjukan gerak tubuh yang nunjukin kamu nggak mau jabat tangan (itu lho yang kaya gayanya None Jakarta pas bilang Assalamualaikum). Jangan sampe pewawancara udah ngulurin tangan dan kamu menolaknya.
  • Jangan duduk sebelum dipersilakan duduk.
  • Saat mau duduk pastikan tempat duduk ada di tempat yang benar dengan cara menyentuhnya dengan kaki (bukan nengok ke arah kursi). Jangan sampe pas kamu mau duduk tempat duduknya kejauhan, eh jatoh deh, hehehe.
  • Etika duduk: duduk di ujung kursi dulu jangan langsung bersandar ke belakang. Setelah satu dua pertanyaan dirasa nyaman, kalo mau agak bersandar, mundurlah perlahan. Pake jempol tangan kanan kamu untuk mundurin pantat. 
  • Buat cowok, pas mau duduk, gesture-nya pura-pura benerin celana (kaya jinjing celana ke atas gitu). Tujuannya, biar nyaman celananya nggak ketarik-tarik hahaha.
  • Buat cewek, kakinya agak menyerong ke kanan atau ke kiri, tapi badannya tetep lurus. Tujuannya, ini bagus untuk yang punya betis gede, duduk nyerong bisa nutupin betis yang gede itu, hahaha.


Nah setelah tau penampilan dan sikap saat wawancara, kadang kita bingung jawab pertanyaan yang menjurus tentang gaji dan kontrak kerja. Yuk disimak Cara Menyikapi Perjanjian Kerja oleh Samuel Djatmiko, SH, M.Kn, Coorporate Legal Martha Tilaar Group:
  • Saat ditanya tentang gaji, lebih baik kamu tanya dulu sama kenalan kamu di perusahaan itu, karyawan baru digaji berapa.
  • Kalo kamu ga punya kenalan, jawabannya amannya: 2 x UMR + 500 ribu sampe 1 juta (tergantung kebutuhan kamu kaya uang kos, transport, makan dll). Misal UMR Jogja itu 800 ribu. Jadi jawaban gaji kamu sekitar 2 juta - 2,5 juta an. 
  • Tapi pertanyaan tentang gaji ini biasanya ditanya setelah kamu udah di tahap akhir. Kalo pertanyaan ini muncul di awal, biasanya pewawancara hanya mengetes saja.
  • Oh iya ini tips lagi, biasanya pewawancara suka sama orang yang tau tujuannya 5 tahun kedepan apa, terutama untuk perusahaan itu. Jadi kalo ditanya apa alasan kamu melamar, jangan jawab cari pengalaman, itu bunuh diri banget. Jawablah apa yang kamu bisa kamu berikan ke perusahaan 5 tahun kedepan.


Kayanya segitu dulu ilmu yang bisa saya sharing. Kalo ada kekurangan bisa ditambahkan, kalo ada kesalah bisa dikoreksikan. Sampai jumpa di career tips yang saya dapet berikutnya!







*tulisan keenambelas dalam #31HariMenulis tahun ketiga

2 komentar: