Sabtu, 18 Mei 2013

Mari ke Candi Sambisari!

Mau jalan-jalan yang murah meriah, gak jauh dari Kota Jogja, dan oke buat foto-foto? Dateng aja ke Candi Sambisari. Menurut Wikipedia, candi ini termasuk kedalam candi Hindu yang dibangun abad ke-9 Masehi di jaman Kerajaan Mataram Kuno yang saat itu dipimpin oleh Rakai Garung.

Candi ini letaknya di deket Jalan Solo. Misal kamu dari Jembatan Janti, ikutin aja Jalan Solo lurus ke arah timur. Patokannya kalo udah di deket-deket Akademi Angkatan Udara yang letaknya di kanan jalan (utara), liat deh kiri jalan (selatan). Ntar ada belokan agak gede, yang di pojoknya ada tulisan Candi Sambisari. Nah kamu belok kiri deh. Lurus terus sampe mentok, sampailah di tempat tujuan :D

Harga tiket masuk Candi Sambisari itu murah banget. Cuma 2000 rupiah! Ya kalo sama parkir motor tambah 1000 lagi, haha. Keunikan candi ini, bentuknya cekung ke dalam tanah yang dalemnya 6,5 meter dari permukaan tanah. Jadi kalo dari pintu masuk, kita harus turun pake tangga dulu buat sampe ke candi ini. Candi ini terdiri dari 1 candi utama dan 3 candi kecil. Candi utama sendiri bentuknya segi empat yang di dalemnya ada ruangan kecil berisi lingga dan yoni. Taman di sekitaran candi ini juga rindang. Jadi selain buat foto-foto di candi, kamu juga bisa sambil piknik di pinggiran candinya.

Kalo masalah penjelasan tentang arca atau relief atau bagian-bagian di Candi Sambisari, saya gak begitu ngerti. Tapi kamu bisa coba tanya temen saya yang namanya Ferdi. Dia lulusan Sastra Nusantara UGM, yang skripsinya tentang Candi Sambisasari. Dijamin, dia akan ngejelasin sedetail-detailnya :))

Jadi gimana, tertarik gak buat jalan-jalan atau foto-foto atau piknik-piknik di Candi Sambisari?

Candi Sambisari

Tambul (Tamasya SKM UGM Bulaksumur), November 2012

Saya dan Puput (teman Kompas MuDA Jakarta), Desember 2012






*tulisan keempat dalam #31HariMenulis tahun ketiga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar