Kamis, 16 Mei 2013

Kamu Belum Gaul Kalau Belum ke Goa Pindul

"Kalau belum mampu traveling yang jauh dan mahal, cobalah menjelajahi tempat kamu tinggal, apalagi kamu tinggal di Jogja."

Mungkin itu sih yang coba saya lakukan. Saya ini suka jalan-jalan, tapi ga punya banyak uang kalo mau nurutin kesukaan. Beruntungnya selama kurang lebih 4 taun ini saya tinggal di Jogja, propinsi yang ada banyak banget tempat wisata murah meriahnya. Yeay!

Dan destinasi wisata yang baru-baru ini saya datengin adalah Goa Pindul! Ya bolehlah bilang saya ga up-to-date karena baru dateng ke Goa Pindul di taun ke-4 saya di Jogja. Bahkan sama Jebraw Jalan-Jalan Men aja kalah, haha. Itupun saya ke Goa Pindul karena ada sahabat saya, Indah, dari Purwokerto yang mau liburan ke Jogja. Thanks to Indah, kalo dia gak Jogja, kapan lagi saya ke Goa Pindul, hahaha.

Goa Pindul adanya di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Kalo naik mobil/motor 2,5 jam-an lah dari Jogja. Kalo naik umum saya kurang tau ada apa enggak, hehe. Tempat wisata ini menawarkan beberapa paket diantaranya Cave Tubing di Goa Pindul, Rafting di Sungai Oyo, Susur Goa Gelatik, Susur Goa Sriti, dll. Di kawasan Goa Pindul banyak banget agen wisatanya (ya gak banyak sih sekitar 5 kayaknya, hehe). Tiap agen wisata, harga paketnya juga beda-beda. Kalo saya kemaren, dapet agen wisata (lupa namanya) yang lumayan murah dibanding yang lainnya. Dan saya ambil paket Cave Tubing Goa Pindul sama Rafting Sungai Oyo, yang harganya 25 ribu per paket.

Kami berfoto di pintu masuk Goa Pindul
Masuk ke Goa Pindul kita dipandu sama beberapa mas mas guide yang dengan sabar ngejelasin secara detail tentang Goa Pindul. Bener-bener detail, apalagi saya dan beberapa pengunjung rata-rata cerewet, nanya mulu :p Di Goa Pindul, kita duduk diatas ban dan masuk ke goa basah yang kedalaman airnya sampe 8 meter. Gelap banget di dalem Goa Pindul, sampe-sampe semua foto kita ga ada bagus karena cuma foto dari hape yang gak ada flash-nya, hehe. Ya sekitaran 45 menit lah kita di Goa Pindul.

Terus lanjut ke Sungai Oyo. Dari Goa Pindul, kita disediain pick-up buat menuju Sungai Oyo. Dan dengan tiba-tiba hujan deras disana. Tapi mas mas guide-nya bilang, aman untuk rafting walaupun hujan. Mas mas guide-nya juga bilang, kita beruntung rafting pas hujan, karena lebih asyik. Ternyata bener apa yang dibilang mas mas guide, rafting dibawah air hujan itu seru banget! Ya sambil hati ketar ketir sih kalo kalo tenggelem dan kebawa arus, haha. Oh iya, rafting disini bukan kaya di Sungai Elo yang satu perahu isi 6 orang. Tapi rafting di Sungai Oyo ini cuma pake ban kaya cave tubing di Goa Pindul. Jadi kebayang dong ngerinya? Hehehe. Di tengah sungai pas rafting, kita boleh berhenti dan naik ke atas tebing buat loncat dari atas tebing ke sungai. Sayangnya karena saya cupu jadinya gak nyobain loncat deh, hahaha. Rafting ini makan waktu sekitar 1 jam.

Menurut saya, kawasan wisata Goa Pindul ini adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungin di Jogjakarta. Apalagi kalo kamu tinggal atau kuliah disini, rugi banget kalo ga ke Goa Pindul, haha. Ya walaupun polemik ijin dan safety dari Goa Pindul masih jadi perdebatan, tapi ya lumayan lah jadi tempat piknik penghilang penat. Yang menurut saya oke sih, dari daerah Jalan Wonosari udah banyak mas mas guide yang lalu lalang naik motor, dan mau nganterin kita ke Goa Pindul dengan gratis. Ya emang sih itu bagian dari kerjaannya, tapi saya terkesima aja, haha. Dari kawasan wisata Goa Pindul, banyak kawasan wisata lainnya yang gak begitu jauh buat dikunjungin, kaya Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Api Purba Nglanggeran, dan deretan pantai-pantai oke Gunung Kidul.

Oh ya ternyata, di hari yang sama saya ke Goa Pindul itu adalah hari yang sama pas beberapa wisatawan kejebak hujan dan hilang di Goa Sriti. Berita lengkapnya di sini. Tapi untungnya gak ada korban jiwa, dan untungnya lagi saya dan teman-teman gak ambil paket Goa Sriti :)

Ya akhir kata, jalan-jalan lah ke tempat wisata yang gak jauh dari rumahmu sebelum kamu jalan-jalan ke tempat yang jauh dan mahal.

Goa Pindul (source)

Sungai Oyo (source)







*tulisan kedua dalam #31HariMenulis tahun ketiga
**makasih buat Indah, Randy, Shinta, dan Nucky buat jalan-jalannya ke Goa Pindul

1 komentar:

  1. Trimkasih atas kunjungannya di objek wisata kami, kami tunggu kunjungan selanjutnya..:D

    BalasHapus