Sabtu, 04 September 2010

balada baju lebaran

baju baru alhamdulillah tuk dipakai dihari raya,
tak baru pun tak apa-apa masih ada baju yang lama.
hei masih inget lagunya dea ananda diatas ga? lagu ini ngetrend pas jaman saya SD. trus dulu tu saya dan sepupu saya suka mlesetinnya jadi gini:
baju baru alhamdulillah engga baru naudzubillah.
haha ya itu cuma gojekan lawas aja. tapi kalo bagi saya sendiri si baju baru ga begitu penting. makna dari lebaran itu kan hati yang baru. kalo baju baru doang hati ga baru ya podo wae.



saya suka heran aja sama orang-orang yang bela-belain ngabisin uangnya buat belanja di malam-malam menjelang lebaran. mereka bilang itu sale. tapi ya kalo dipikir-pikir sale-nya cuma 50% trus mereka belinya banyak, sama aja dong uang yang diabisin juga banyak. 
sale besar-besaran menjelang lebaran

udah beberapa hari ini, beberapa pusat perbelanjaan di berbagai kota mulai ngadain yang namanya sale besar-besaran. incaran mereka tentu aja masyarakat menengah keatas yang udah ga terlalu mikir mau makan apa. kadang saya suka merasa miris sama ketimpangan yang ada di Indonesia. yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin. disaat si kaya menuh-menuhin pusat perbelanjaan buat beli baju di midnight sale, si miskin berjejer di lampu merah minta sedekah buat makan buka puasa yang kadang digabung dengan sahur. 
si kaya sedang berbelanja



si miskin meminta-minta


di tulisan ini saya bukan mau berhati sok malaikat dan berlaga bak pahlawan kesiangan. dulu saya juga sering beli baju baru pas lebaran. tapi ya bukan di mall-mall ternama atau department store terkenal. saya dan adek-adek saya hanya dibelikan baju dari (semacam) pasar dekat kantor bapak, atau beli di pusat pertokoan di kota saya. dan untungnya saya punya ibu seorang penjahit, jadi lebih sering baju lebaran saya ya baju bikinan ibu saya, yang biasanya kebaran dengan adek (males deh kalo kembar, kaya anak panti asuhan ;p).

saya hanya mau mengeluarkan pikiran yang absurd dari otak saya. boleh lah kawan-kawan semua beli baju baru, tapi ya secukupnya aja. kan mendingan uangnya dipake buat ngelebihin zakat fitrah daripada buat nabung di pusat perbelanjaan. trus juga menurut saya belanja itu ngabis-ngabisin waktu. daripada buang-buang waktu yang akhirnya buang-buang uang, mending waktunya kalian pake buat kegiatan yang sedikit bermanfaat. saya ga bilang kalo kegiatan bermanfaat itu tarawih loh ya. karna saya juga tarawihnya bolong-bolong, hehe. masih banyak ko kegiatan bermanfaat lainnya kaya buka puasa bersama. jangan salah, buka puasa bersama itu kegiatan yang bermanfaat kawan. dengan buka puasa bersama kita kan menjalin silaturahmi dan menjaga ukhuwah islamiyah (tsaaah!). ya walopun ujung-ujungnya kita bakalan ngobrol ngalor ngidul yang ujung-ujungnya ngegosipin orang, tapi seenggaknya kita bisa ketemu kawan-kawan yang mungjkin lama tidak bersua, hihi.
ayo udah pada zakat belom?

berapa kali kamu dateng ke acara buber?

pertanyaannya apa saya juga ikut-ikutan belanja dikala sale sedang gencar-gencarnya? jawabannya untuk saat ini engga. pertama karna saya ga punya uang, haha maksudnya saya ga punya budget buat beli baju, tapi uang si ada hehe. kedua karna saya bukan shopaholic kaya Rebecca Bloomwood di film Confession of The Shopaholic. saya hanya beli baju di momen-momen tertentu aja, dan lebih sering baju yang saya punya berasal dari baju-baju (atau kaos) dari kepanitiaan sebuah acara. ketiga karna saya cuma suka ngeliat sebuah barang aja, yang bahasa kerennya window shopping, tapi giliran mau beli rasanya sayang banget buat ngeluarin uang (ini apa bedanya sama pelit ya? haha ;p).

dan untuk lebaran kali ini pun saya belom nyiapin apa-apa. kalo melirik lemari saya, isinya ya sebagian besar (atau malah semua) cuma kaos dan jins doang. yang biasa saya pake secara random buat kuliah, main, mejeng, nongkrong, rapat, ngantor, juga tidur! haha. jadi ya saya hanya berharap kebaikan hati bapak saya buat beliin semacam baju yang layak buat sholat ied, atau semoga ibu saya menyadari ketidakpantasan isi lemari saya yang cuma berisi kaos dan jins, agar beliau mau bikinin baju yang layak buat keliling kerumah sodara-soadara.

tadinya si saya mau ngawul (sebutan buat belanja baju-baju bekas) di deket ngasem. tapi karna ipeh banyak kerjaan, intan ga punya duit, amel males jalan, sarah ada buka bersama, pipit mau pergi, tifa pulang kampung, manda ga tau kenapa, jadinya batal deh ngawulnya. yah padahal tadinya saya kira bisa buat baju lebaran itu hasil perburuan ngawulnya hehe.

hmm segini aja deh tulisan saya, daripada banyak-banyak tapi ga berbobot, mending sedikit tapi tepat sasaran (tapi ini masalahnya udah sedikit ga berbobot pula! haha).

selamat menanti lebaran kawan sepermainan!

inget lagunya dea ananda diatas ya! (tapi bukan yang udah diplesetin sama saya dan sepupu saya) :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar