Minggu, 05 September 2010

naik kereta ekonomi? siapa takut!

kasus 1
orang: "kamu pulang ke bekasi naik apa nis?"
saya: "naik kereta."
orang: "oh taksaka ya?"
saya: "bukan ko naik progo haha."
orang: "hah serius? itu kan lama banget, panas lagi. aku mah ga tahan deh lama-lama di kereta."
saya: "haha gapapa ngirit cuma 35 ribu."
*progo adalah kereta ekonomi jogja-jakarta, taksaka adalah kereta eksekutif jogja-jakarta.

kasus 2
orang: "nis pulang bimbel bareng ya."
saya: "ayo. tapi gw naik kereta ekonomi yang 1500 loh."
orang: "yah kenapa ga naik ac aja. ekonomi kan banyak copet."
saya: "iya emang. trus kenapa? haha jadi bareng ga?"
orang: "hmm jadi deh tapi kalo ada yang ac gw naik ac aja."
saya: "oke."
*dulu saya bimbel di SMAN 8 Jakarta jadi kalo pulang-pergi harus naik KRL (Kereta Rel Listrik) dari jatinegara-bekasi.




pertanyaannya kenapa si banyak orang ga mau naik kereta ekonomi? saya tau banyak banget alesannya. salah duanya alesan keamanan dan alesan kenyamanan. hei coba deh kita ubah perspektif itu dari sisi yang berbeda. iya saya tau naik kereta ekonomi itu banyak copetnya, banyak tukang jualannya, berisik, panas, lama, jorok, dan lain sebagainya. tapi menurut saya di kereta ekonomi itu kita bisa ngeliat realitas mini kehidupan sosial Indonesia (haha apa deh bahasanya?)


oke kita teliti satu persatu. alesan keamanan! yak bener banget di kereta ekonomi itu banyak copetnya. saya pernah ngeliat (untungnya belom pernah ngalamin) temen saya diraba-raba lehernya karna dia pake kalung. saya juga pernah liat ibu-ibu dirampas paksa gelang ditangannya trus si copet langsung turun. saya juga pernah liat mbak-mbak nangis karna tasnya ilang, dan banyak kasus lainnya. ngeri? iya juga si. tapi itu ga bikin saya kapok naik ekonomi. justru dari kasus itu ngajarin saya kalo kita harus ati-ati banget ngejaga barang kita.


trus kedua alesan kenyamanan. kata orang di percakapan diatas, naik kereta ekonomi itu lama. ya emang bener si. tapi kalo saya si, karna lama itu lah saya bisa punya banyak temen baru. ya mungkin banyak yang tau saya ini orangnya ga bisa diem, jadi kadang-kadang saya suka ngajak ngobrol orang yang ada di depan atau sebelah saya buat ngobrol. dan akhirnya setiap saya turun kereta saya selalu punya kenalan baru hehe.


ada juga yang bilang ga suka naik kereta ekonomi karna banyak tukang jualannya. hei kalo bagi saya itu menyenangkan! karna saya bisa nemuin pasar kaget di dalem kereta. bahkan dengan barang-barang dagangan yang tidak terduga. dari bawang merah sampe stroberi. dari lem tikus sampe wajan penggorengan. dari gunting kuku sampe alat masukin benang ke jarum. dan barang-barang ajaib lainnya deh hihi.


dan yang paling bikin saya seneng naik kereta ekonomi, (sekali lagi) karna saya bisa ngeliat berbagai realitas sosial yang sedikit mencerminkan Indonesia. dari orang pacaran mesra-mesraan sampe orang nangis karna kecopetan. saya bisa ngeliat berbagai macam pengemis yang bikin hati terenyuh. dari pengemis anak kecil umur 3 taun sampe pengemis kakek-kakek yang kakinya buntung. saya juga bisa nikmatin berbagai sajian dari pengamen yang beraneka ragam. dari pengamen buta yang nyanyiin lagi solawatan sampe pengamen dengan personel banyak dan alat band yang lengkap. 


dan yang saya suka lagi dari kereta ekonomi adalah harganya yang murah! haha. bayangin aja kereta progo (kereta ekonomi jogja-jakarta) karcisnya cuma 35 ribu. sedangakan untuk senja utama (kereta bisnis) karcisnya 120 ribu kalo pagi 130 ribu kalo malem. trus kalo taksaka (kereta eksekutif) karcisnya 200 ribu kalo pagi 220 ribu kalo malem. 

ini die ni gambar-gambarnya:
kereta progo

kereta senja utama
kereta taksaka
KRL (Kereta Rel Listrik) Ekonomi, karcisnya 1500
KRL Ekonomi AC, karcisnya 4500
KRL AC, karcisnya 9000

dan ada sepenggal percakapan antara teman saya yang membuat saya lumayan ketawa.
teman 1: "ke bekasi naik apa lo?"
teman 2: "biasa lah naik progo, kereta paling mantep."
teman 1: "yoi men. taksaka kalah deh. buktinya stasiun tugu aja lewat, haha."
*progo biasanya jalan dari stasiun lempuyangan (stasiun khusus ekonomi). maksud dari mereka adalah progo ga level lewat stasiun tugu (padahal mah emang ga berenti karna tugu cuma buat bisnis+eksekutif) :p 


akhir kata mari pulang nanti malam!





saya mau buat pengakuan ni. nanti malam saya mau pulang ke bekasi dan sebenernya saya ga naik progo (kereta ekonomi) tapi naik senja utama (kereta bisnis) hehe. eits tapi bukan berarti saya menjilat ludah sendiri loh ya. saya naik senja utama karna saya baru selesai siaran jam 4 sore sedangkan progo itu berangkat jam 4 lewat 45 menit. daripada ga keburu ya mending naik senja utama aja deh. walopun saya harus ngeluarin 115 ribu lebih banyak, karna harga senja utama pas lebaran jadi 150 ribu. tapi gapapa deh demi pulang nanti malam hehe ;)
 

2 komentar:

  1. ah, kamu nis. pernah ngerasain 6 jam berdiri, terus ga bisa gerak karena padet banget? aku mah mending naik bis

    BalasHapus
  2. iya pernah. tapi ga berdiri si cuma duduk dibawah hehe.
    naik bis lama ah. aku trauma 2 kali naik bis mogok mulu.

    BalasHapus