Senin, 22 Juni 2015

Kemping Ceria di Gunung Papandayan

Selalu ada yang istimewa di tiap momen pertama. Pertama kali naik pesawat, pertama kali ikutan jadi kru teater, pertama kali sidang pendadaran (pertama dan terakhir sih kalo ini haha), dan pertama kali naik gunung! Hahahaha.
Banyak sih yang ‘ngece’, “Pacarmu kan anak gunung masa kamu belom pernah naik gunung?” Hahaha sebenernya udah pengen naik gunung dari jaman kuliah sih. Bahkan sempet punya semacam janji sebelum pindah dari Jogja harus udah pernah naik gunung. Tapi ya gitu, saya ini kan terkenal banget anak LMC (Last Minute Cancel, hiks), jadi mau direncanain gimana juga tetep nggak pernah kesampean.

Dan akhirnyaaaa obrolan iseng sama Bayu (ceritanya pacar saya) yang bilang dia mau naik gunung sama temen-temennya menggugah saya (halah opo tho Nis bahasanya) untuk bilang, “Aku mau ikutttttt!” hahaha. Jadilah saya dan Bayu dan temen-temennya (Ade, Rizal, Binar, Mufid, Suwasno) naik Gunung Papandayan 29-30 Mei kemaren, modal pinjem barang-barang naik gunung sama Indah yang temennya Bayu juga tapi nggak ikutan naik hahaha.

Kata Bayu sih itu gunung pendek, naiknya nggak jauh beda sama naik Gunung Nglanggeran. Tapi kenyataannyaaaaaa, jalan sedikit aja udah ngos-ngosan. Hahahahaha dasar Annisak mau naik gunung nggak pake persiapan olahraga dulu ya jadinya gitu, jalan nggak sampe setengah jam udah bolak balik ngos-ngosan. Oke cukup prolog yang panjangnya hahaha.

Harusnya saya sama Bayu berangkat bareng Ade, Mufid, sama Suwasno Jumat jam 9 malem dari Pasar Jumat. Terus Rizal sama Binar berangkat dari Binar. Nanti kita ketemunya di Terminal Garut sebelum Subuh. Tapi yaaa karena kerjaan saya yang nggak bisa diprediksi kapan lembur dan kapan pulang cepetnya (huft!), akhirnya saya sama Bayu baru berangkat dari Kebon Jeruk jam 9 malem naik asal bis yang ke arah Kampung Rambutan. Kita sampe Kampung Rambutan jam 11 terus kita naik bis yang ke arah Garut. Dan ternyata udah banyak banget loh pendaki yang mau naik Gunung Papandayan (dan sekitarnya) di Kampung Rambutan hahaha.

Jam 4 pagi saya sama Bayu sampe Terminal Garut dan ketemu sama anak-anak lain yang udah lebih dulu nyampe. Dari Terminal Garut kita nyarter angkot isi 15 orang sampe Cisurupan. Terus nyambung lagi naik pick up buat sampe ke Camp David atau Pos 1. Total perjalanan dari Terminal Garut sampe Camp David dua jam (satu jam naik angkot plus satu jam naik pick up) ditambah satu jam buat sholat Subuh dan nunggu pick up di Cisurupan.

Cisurupan
Sekitar jam 7 kita sampe Camp David. Disana kita sarapan sambil leha-leha sebelum naik Gunung Papandayan. Jam 8 kita naik ke atas dan sekitar jam 11 kita udah sampe ke Pondok Saladah, tempat kita nge-camp. Selama tiga jam perjalanan, ada tiga jalur berbeda yang kita lewatin. Pertama jalur batu-batu karena di awal kita naik kita langsung ketemu sama Kawah Papandayan yang bau belerengnya menyengat banget. Jalur kedua jalanan panjang lurus yang kanannya jurang dan kirinya tebing. Terus jalur ketiga ini yang paling susah karena jalannya sempit dikelilingin hutan dan naik turun bikin kaki sakit, hahahaha.

Camp David. Yang kiri warung tempat sarapan, yang tengah Gunung Papandayan, yang kanan mas-mas lagi duduk.
Saya dan Binar di Kawah Papandayan. Buat foto disini ngantri loh hahaha, karena banyak yang ke Gunung Papandayan cuma sampe kawahnya aja.
Yang kanan jalur pertama, yang kiri jalur kedua, jalur ketiganya nggak sempet difoto hahaha.
Ada loh yang ke Papandayan naik sepeda. Duh saya yang jalan aja ngos-ngosan, ini lagi harus gowes di jalanan nanjak hahaha.
Sebentar-bentar istirahat, sebentar-bentar foto, sebentar-bentar makan hahaha.
Karena emang niatnya kemping ceria dan nggak mau sampe puncak, jadinya sampe Pondok Saladah dan abis diriin tenda, kita cuma nyantai aja sambil masak mie goreng empat yang dimakan berenam hahaha. Abis pada sholat Zuhur, saya sama Binar, cewek-cewek yang baru pada pertama kali naik gunung ini, langsung tidur hahahaha. Terus kita bangun jam setengah 4 sore buat main-main liat sunset di Hutan Mati. Perjalanan ke Hutan Mati cuma sekitar satu jam aja. Hutan Mati itu bagus banget deh. Isinya pohon-pohon yang udah mati dan tinggal ranting-ranting aja, bekas Gunung Papandayan meletus taun 2002 katanya.

Bayu, Mufid, Rizal, Suwasno bikin tenda gede buat cowok-cowok. Ade bikin tenda kecil buat cewek-cewek. Binar jagain tas. Kalo saya? Cuma foto-foto aja hahaha.
Hutan Mati.
Kelar sunset, kita turun balik lagi ke tenda buat bikin api unggun dan masak makan malem. Terus dilanjut tidur sampe pagi. Besok paginya, kalo orang-orangnya sih ngejar sunrise di Tegal Alun (masih atasnya Hutan Mati), tapi karena kita judulnya Kemping Ceria jadinya ya tidur aja sampe Subuh, cuma Suwasno aja sendirian jalan ke Tegal Alun hahaha. Bayu, Ade, Rizal sih pada liat sunrise di deketnya Pondok Saladah, tapi nggak ngajak-ngajak karena saya sama Binar lama antri kamar mandi dan dicariin nggak ketemu huhuhu.

Alhamdulillah ada kamar mandinya, hahaha. Lumayan bersih lagi. Tadinya udah mikir, kalo pipis di gunung gimana ya caranya? Eh ternyata ada kamar mandi pffttt.
Sunrise yang saya bisa liat cuma di kamera Bayu, hiks.
Nggak dapet sunrise tapi dapet liat matahari pagi hahaha.
Binar, saya, dan Edelweiss yang belum mekar. Saya kira Edelweiss itu gede-gede, ternyata kecil yaaa hahaha.
Abis pada jalan-jalan pagi masing-masing kita masak terus beres-beres tenda terus turun deh hahaha. Kita turun sekitar jam setengah 10, sampe Pos 1 kita naik pick up lanjut angkot (kaya berangkat) sampe ke Terminal Garut. Di terminal sekitar jam 2-an, kita pada ganti baju, sholat, makan, dll terus akhirnya jalan pulang ke Jakarta dan Bandung sekitar jam 4.

Masak siang hari Sabtu - masak malem hari Sabtu - masa pagi hari minggu - makanan hari Minggu. Ternyata bener loh masakan di gunung itu lebih enak muahahaha.
Atas pas baru dateng: Bayu-Rizal-saya-Ade-Binar-Suwasno-Mufid.
Bawah pas mau pulang: Suwasno-Mufid-Bayu-saya-Ade-Binar, si Rizal pulang duluan karena ngejar kerja Minggu sore haha.
Atas: rombongan pas berangkat, di depan pintu masuk Gunung Papandayan.
Bawah: rombongan pas pulang, di pick up.
Karena satu angkot dan pick-up harus ber-15, jadinya kita selalu bareng sama rombongan lain.

Lama perjalanan:
  1. Kebon Jeruk – Kampung Rambutan: 2 jam
  2. Kampung Rambutan – Terminal Garut: 5 jam
  3. Terminal Garut – Cisurupan: 1 jam
  4. Cisurupan – Camp David/Pos 1: 1 jam
  5. Camp David – Pondok Saladah: 3 jam
  6. Pondok Saladah – Hutan Mati: 1 jam
  7. Pondok Saladah – Tegal Alun: kurang lebih 2 jam (katanya sih hahaha)
  8. Pondok Saladah – Puncak kurang lebih 3 jam (katanya juga hahaha)

Biaya Perjalanan (belum termasuk makan):
  1.     Kebon Jeruk – Kampung Rambutan: 10.000
  2.     Kampung Rambutan – Terminal Garut: 55.000
  3.     Terminal Garut – Cisurupan: 20.000
  4.     Cisurupan – Camp David/Pos 1: 20.000
  5.     Masuk Gunung Papandayan: 8.000
  6.     Jalan pulang: harganya sama kaya berangkat
  7.     Untuk makanan kalo males bawa di Gunung Papandayan banyak kok yang jual makan. Ada lontong sayur, mie rebus, bahkan ada tahu bakso hahaha. Harganya juga standar kok nggak mahal-mahal banget.