Sabtu, 13 Juli 2013

Dua Hari Keliling Jakarta

Minggu lalu, Jumat-Sabtu (5-6), saya sama 4 teman dari Akademi Berbagi Jogjakarta (Akber Jogja), Adon-Setyo-Mas Rafli-Nitha, pergi ke Jakarta buat ikutan acara ulang tahun Akademi Berbagi yang ke-3. Buat saya yang asal Bekasi, udah nggak asing lagi sama Jakarta. Tapi bukan berarti saya hapal tiap detail di Jakarta termasuk angkutan umumnya. Mungkin karena saya ke Jakarta-nya juga jarang-jarang dan itu cuma ke tempat Bude atau main ke beberapa mall aja, haha. Dan 2 hari ke Jakarta kemaren bener-bener beda dari perjalanan saya ke Jakarta sebelum-sebelumnya.

Kenapa beda?
  1. Walaupun cuma 2 hari, kita (saya dan teman-teman) udah mengunjungi 5 daerah di Jakarta: Jakarta Pusat-Barat-Selatan-Utara-Timur
  2. Walaupun cuma 2 hari, kita juga udah nyobain hampir semua angkutan umum di Jakarta: Trans Jakarta, Commuter Line, Metromini dan Mikrolet. 
  3. Walaupun cuma 2 hari, kita udah tidur di beberapa tempat, mulai dari Stasiun Senen di hari pertama, terus di kost-kostan, dan akhirnya dikasih kamar gratis di Hyatt Budget Hotel.
  4. Walaupun cuma 2 hari, kita juga udah jadi anak gaul Jakarta: ke Seven Eleven Menteng, makan Burger King dan lari-lari di koridor busway di jam orang berangkat dan pulang kantor.

Ini nih rute kita:
Jum'at
  • Dini hari kita sampe dari Jogja di Stasiun Pasar Senen (Jakarta Pusat) jam 00.30, terus tidur di bangku-bangku stasiun sampe diusir satpam jam 5.
  • Paginya, kita naik Trans Jakarta lanjut Mikrolet buat singgah di kost Dhani (temen Akber Jogja) di Palmerah Barat (Jakarta Barat).
  • Sorenya kita naik Trans Jakarta lanjut Metromini menuju Rumah Makan Lumbung Desa, Kebayoran Baru (Jakarta Selatan) untuk acara ultah Akber.
  • Malemnya kita nginep di Ibis Budget Hotel di Menteng (Jakarta Pusat) sambil nggak lupa jadi anak gaul nongkrong di Seven Eleven depan hotel. 
Sabtu
  • Pagi-Sore kita main-main di Taman Menteng sebelah hotel lanjut jalan kaki ke Grand Indonesia (Jakarta Pusat) buat makan Burger King terus naik Trans Jakarta ke Kota Tua (Jakarta Utara). 
  • Sorenya dari Stasiun Kota kita naik Commuter Line ke Stasiun Jatinegara (Jakarta Timur) lanjut naik mikrolet ke Stasiun Pasar Senen buat pulang ke Jogja lagi.


Acara ultah Akber (kiri ke kanan): Seluruh volunteer Akber yang hadir - beberapa volunteer Akber - volunteer Akber Jogja plus 1 volunteer Akber Solo - foto bareng Pak Hendry (CEO General Electric) - foto bareng Prabu Revolusi (news anchor Metro TV) - foto bareng Iwan Setyawan (penulis 9 Summers 10 Autumns)

Jalan-jalan Sabtu (kiri ke kanan): Taman Menteng - Di atas Jembatan deket Bundaran HI - Kota Tua - Kota Tua - Di halte Trans Jakarta - Di Atrium Senen

Terimakasih banyak untuk orang-orang yang udah ngebantu kita selama di Jakarta, diataranya Dhani yang udah nyediain kost-nya untuk tidur dan mandi. Pak Imam yang udah ngasih kita kamar hotel gratis dan ngasih akomodasi jalan-jalan di hari Sabtu. Mega dan Antik yang udah nemenin kita jalan-jalan di hari Sabtu. Seluruh keluarga besar volunteer Akademi Berbagi yang udah ngadaih acara ultah dengan tamu yang keren-keren. Dan untuk teman-teman Akber Jogja (Adon-Setyo-Mas Rafli-Nitha) yang udah membolang bersama, hahaha.

Ditunggu jalan-jalan berikutnyaaaa~




*photo by: Doc. Akber Jakarta, Mega, Antik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar